Akhirnya Medali Emas, Saatnya Tinggalkan Kebijakan Pemain Senior 'Turun Level' di Timnas U-22 Indonesia?

Najmul Ula - Jumat, 19 Mei 2023 | 15:17 WIB
Skuad timnas U-22 Indonesia ketika melawan Thailand di final SEA Games 2023.
PSSI.ORG
Skuad timnas U-22 Indonesia ketika melawan Thailand di final SEA Games 2023.

BOLANAS.COM - Timnas U-22 Indonesia akhirnya memenangi medali emas pertama setelah 32 tahun, PSSI bisa mulai mengubah target.

PSSI sepatutnya meniru langkah FAT (Thailand) dan VFF (Vietnam) selepas timnas U-22 Indonesia merengkuh medali emas SEA Games 2023.

PSSI mengerahkan pemain timnas senior dalam jumlah besar ke timnas U-22 Indonesia, yang berbuah dominasi atas para rival di SEA Games 2023.

Timnas U-22 Indonesia memang mengalahkan Vietnam dan Thailand di Kamboja, tetapi dua tim kuat itu menurunkan lebih sedikit pemain "senior".

Baca Juga: Pratama Arhan Ingatkan Vietnam soal Pengaruh Besar STY dalam Generasi Emas Indonesia Saat Ini

Pelatih Indra Sjafri memanggil 20 pemain dalam skuat timnas U-22, dengan jumlah pemain dengan caps timnas senior mencapai sembilan!

Indra Sjafri membawa para pemain reguler di timnas senior, seperti Rizky Ridho, Pratama Arhan, Marselino Ferdinan, hingga Witan Sulaeman.

Biarpun masih memenuhi syarat umur untuk tampil di timnas U-22, para pemain itu seharusnya tak berlaga untuk kompetisi yang lebih rendah.

Sebagai perbandingan, Thailand dan Vietnam menurunkan lebih sedikit pemain senior di SEA Games 2023 yang diperuntukkan bagi pemain kelahiran maksimal 2001.

Baca Juga: Marselino Ferdinan Kuasai Lini Tengah Indonesia Vs Thailand, Target Selanjutnya 'Sleding' Lionel Messi


Editor : Najmul Ula
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Verifikasi akun KG Media ID
nama
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.