Niat Hati Rangkap Menpora-Waketum PSSI, Zainudin Amali Harus Pilih Salah Satu & Jokowi Sudah Siapkan Pengganti

Najmul Ula - Selasa, 21 Februari 2023 | 14:34 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali, sedang memberikan keterangan kepada awak media dalam sesi jumpa pers di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (19/2/2023) siang.
MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali, sedang memberikan keterangan kepada awak media dalam sesi jumpa pers di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (19/2/2023) siang.

BOLANAS.COM - Zainudin Amali tak pernah menyatakan akan mundur dari kursi menpora, Presiden Joko Widodo malah sudah menyiapkan pengganti.

Zainudin Amali tampak tak bisa mewujudkan keinginan merangkap jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga serta wakil ketua umum PSSI.

Politisi Golkar itu sebelumnya terpilih sebagai waketum PSSI pada Kongres Luar Biasa PSSI, Selasa (16/2/2023).

Langkah Zainudin Amali menjadi waketum PSSI sebelumnya dikritik banyak pihak, lantaran rentan konflik kepentingan dengan jabatannya sebagai Menpora.

Baca Juga: Pieter Huistra Punya Urusan Belum Selesai di Indonesia, Ia Datang ke Borneo FC yang Bereputasi Buruk soal Pelatih

Sepanjang masa pencalonan hingga sesudah terpilih, Zainudin juga tak pernah menyatakan bakal mengundurkan diri dari Menpora.

Maklum, Menpora adalah jabatan eksekutif dengan kekuasaan besar di bidang olahraga, termasuk mengakses anggaran negara.

Jabatan Menpora juga membuat Zainudin memperoleh sorotan besar di periode kedua Presiden Joko Widodo, mengingat Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Dengan segala akses terhadap kekuasaan itu, wajar apabila watak politisi dalam diri Zainudin menolak meletakkan jabatan.

Baca Juga: Timnas U-20 Tak Punya Gelandang Pelapis dan Marselino Ditahan Klub, Opsi Kejutan Datang dari Bali United


Editor : Nungki Nugroho
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Verifikasi akun KG Media ID
nama
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.