Marselino Pemain Teranyar ke Eropa, Indonesia Belum Pernah Ekspor Kiper ke Luar Negeri Sejak Era 90-an

Najmul Ula - Senin, 23 Januari 2023 | 22:03 WIB
Kiper timnas Indonesia, Nadeo Argawinata, saat sedang berbaris jelang bertanding dalam laga leg pertama semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 6 Januari 2023.
MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM
Kiper timnas Indonesia, Nadeo Argawinata, saat sedang berbaris jelang bertanding dalam laga leg pertama semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 6 Januari 2023.

BOLANAS.COM - Marselino Ferdinan menjadi pemain terbaru yang mencoba peruntungan di Eropa, terdapat satu posisi di mana Indonesia tak pernah mengekspor pemain.

Kepindahan Marselino Ferdinan ke Liga Belgia sekali lagi menyoroti kurangnya Indonesia memiliki pemain berkualitas di posisi kiper.

Marselino Ferdinan merupakan gelandang kesekian yang dimiliki Indonesia, yang memiliki kualitas cukup mumpuni untuk direkrut klub Eropa.

Di posisi lain, timnas Indonesia juga bergantian memiliki pemain yang direkrut klub luar negeri.

Baca Juga: Marselino Ferdinan Dirumorkan Gabung Klub Belgia, Sang Agen Buka Suara

Dimulai dari bek tengah, terdapat Ryuji Utomo dan Achmad Jufriyanto yang pernah bermain reguler di klub Liga Malaysia (Penang FC dan Kuala Lumpur FA).

Selain itu, terdapat Rudolof Yanto Basna yang mencoba peruntungan di Thailand, serta Dedy Gusmawan di Myanmar.

Di posisi bek sayap, saat ini malah pemain utama timnas Indonesia sedang berkarier di Korea Selatan dan Jepang, yaitu Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan.

Di posisi gelandang, terdapat Dedi Kusnandar yang pernah menjadi andalan Sabah FC, jauh sebelum Saddil Ramdani tiba di klub itu.

Baca Juga: Persebaya Vs Bhayangkara Jadi Laga Perpisahan Marselino Ferdinan, Klub Belgia Sodorkan Kontrak

Editor : Nungki Nugroho

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

TAG POPULER