Angka Membuktikan, Tim ASEAN Lebih Susah Buru Trofi Piala AFF Ketimbang Argentina Juarai Piala Dunia 2022

Najmul Ula - Sabtu, 24 Desember 2022 | 05:00 WIB
Lionel Messi mengangkat trofi juara Piala Dunia 2022 usai timnas Argentina kalahkan timnas Prancis pada final di Lusail, Qatar (18/12/2022).
FRANCK FIFE/AFP
Lionel Messi mengangkat trofi juara Piala Dunia 2022 usai timnas Argentina kalahkan timnas Prancis pada final di Lusail, Qatar (18/12/2022).

BOLANAS.COM - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengeluhkan jadwal padat Piala AFF 2022, tantangannya lebih berat dari Argentina saat menjuarai Piala Dunia 2022. 

Piala AFF 2022 dipastikan turun kualitas setelah beberapa negara menurunkan tim pelapis akibat tak sinkron dengan jadwal FIFA.

Tercatat timnas Thailand dan Malaysia berlaga dengan skuat tergembosi akibat kebijakan di level klub yang mencegah pemain pergi.

Praktis hanya timnas Vietnam yang dapat menurunkan tim terbaik, termasuk pemain abroad Nguyen Quang Hai yang dipanggil Vietnam.

Baca Juga: Piala AFF 2022 - Kabar Gembira bagi Seantero Asean, Nguyen Quang Hai Langsung Cedera di Laga Pertama Vietnam

Timnas Indonesia dapat dibilang menerjunkan tim terbaik, tetapi setelah tak menghitung Sandy Walsh dan Elkan Baggott yang tak dilepas klub Eropa.

Situasi di atas bisa terjadi sebab Piala AFF merupakan turnamen panjang yang digelar di luar kalender FIFA.

Durasi Piala AFF 2022 adalah 28 hari, sama persis dengan Piala Dunia 2018 yang mendapat pengakuan FIFA.

Turnamen yang memakan waktu libur itu sudah disemprot oleh pemilik Johor Darul Takzim, Tunku Ibrahim Ibni Ismail.

Baca Juga: Liga 1 Lebih Kompetitif dari Liga Malaysia, Bali United Sudah Kalah 6 Kali Tapi Bisa Puncaki Klasemen


Editor : Nungki Nugroho
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Verifikasi akun KG Media ID
nama
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.