Tak Terhitung Pelatih Jengkel Akibat Inkompetensi Wasit, PT LIB Akui Korps Pengadil Coreng Marwah Liga 1

Najmul Ula - Kamis, 22 Desember 2022 | 16:01 WIB
Asisten wasit yang blunder menganulir gol onside Gustavo Tocantins dalam laga Persikabo 1973 vs Rans Nusantara FC (9/12/2022).
BolaNas.com
Asisten wasit yang blunder menganulir gol onside Gustavo Tocantins dalam laga Persikabo 1973 vs Rans Nusantara FC (9/12/2022).

BOLANAS.COM - PT LIB mengakui wasit menjadi satu-satunya hal yang mencoreng kelanjutan Liga 1 pasca Tragedi Kanjuruhan, tak terhitung klub dirugikan inkompetensi korps pengadil.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyatakan performa wasit menjadi hal yang bakal dievaluasi usai putaran pertama Liga 1 2022/23 tuntas.

PT LIB tergolong sukses menggelar Liga 1 2022/23 pasca Tragedi Kanjuruhan, yang terpaksa digelar dalam sistem bubble di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Sayangnya, kegembiraan kembali bergulirnya Liga 1 harus tercoreng akibat inkompetensi wasit yang terus berulang hingga membuat nyaris semua klub dirugikan.

Baca Juga: Beda Luis Milla dan Thomas Doll, Persib Tahan Banting saat Diterpa Krisis Sementara Persija Justru Meleyot

Hanya pada satu minggu pertama Liga 1 dilanjutkan, terdapat Borneo FC dan Bali United yang dirugikan blunder fatal hakim garis mengangkat bendera offside.

Gol Matheus Pato ke gawang PSS Sleman dan gol M Rahmat ke gawang Madura United (12/12/2022) dianulir padahal dua pemain itu dalam posisi onside.

Dua momen memalukan untuk pengadil itu menutup pekan blunder hakim garis, yang sebelumnya menganulir gol Gustavo Tocantins di laga Persikabo 1973 vs Rans Nusantara FC (9/12/2022).

Berikutnya, Thomas Doll sampai menjelaskan aturan advantage di jumpa pers usai laga Persija Jakarta vs PSIS Semarang (13/12/2022) setelah melihat ketidakpahaman wasit.

Baca Juga: El Clasico Harusnya Perang Bintang, Persib Vs Persija Terancam Tanpa Pemain Terbaik Gara-gara Bentrok Piala AFF


Editor : Najmul Ula
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Verifikasi akun KG Media ID
nama
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.