Liga 1 Dijangkiti Tragedi & Belum Lepas dari Problem Wasit, Liga Malaysia Didatangi Utusan Kamboja untuk Berguru

Najmul Ula - Minggu, 11 Desember 2022 | 20:51 WIB
Persis Solo menjalani laga uji coba melawan juara Liga Super Malaysia, Johor Darul Takzim.
Persis Solo menjalani laga uji coba melawan juara Liga Super Malaysia, Johor Darul Takzim.

BOLANAS.COM - Liga Malaysia didatangi utusan Liga Kamboja untuk bertukar ilmu kompetisi profesional, Liga 1 Indonesia masih berkutat dalam kubangan sejuta problem.

Kompetisi Liga 1 milik Indonesia tampak masih "gini-gini aja" dibanding Liga Super Malaysia yang dirujuk sebagai salah satu yang terbaik di Asia Tenggara.

Malaysian Football League (MFL) yang menggulirkan Liga Super Malaysia baru saja dikunjungi delegasi Liga Kamboja yang hendak berguru.

Liga Super Malaysia merupakan kompetisi yang terbukti lebih baik dibanding Liga 1, terlihat dari kesuksesan Johor Darul Takzim di kompetisi Asia.

Baca Juga: Dimarahi Lalu Dilupakan Shin Tae-yong, Dedik Setiawan Justru Makin Menjadi-jadi di Arema FC Musim Ini

Pada musim ini, Malaysia juga mengirim Kuala Lumpur City FC ke final Piala AFC 2022, hampir mengulangi pencapaian JDT yang menjadi juara pada 2015.

Tak seperti Liga 1 Indonesia yang tak punya jadwal pasti di tiap musim, Liga Malaysa konsisten bergulir pada Februari hingga November tiap tahunnya.

CEO Cambodian Premier League, Satoshi Saito, menyatakan pihaknya mengunjungi Malaysia untuk belajar dari liga yang sudah sangat berkembang.

"Saya pernah bekerja di Barcelona dan selain itu melihat juga bagaimana La Liga mendominasi, itu juga yang saya lihat bagaimana klub Malaysia semakin berkembang," jelas Saito dikutip dari Vocket FC (11/12/2022).

Baca Juga: Hasil Liga 1 - Brace Dedik Setiawan Bikin Persis Solo Gigit Jari, Arema FC Petik 3 Poin


Editor : Najmul Ula
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Verifikasi akun KG Media ID
nama
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.