Prospek Pesimistis Timnas Indonesia di Piala AFF 2022: Latihan Tanpa Pelatih, Vakum Liga, Tak Ada Uji Coba

Najmul Ula - Rabu, 9 November 2022 | 05:00 WIB
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, nampak sedang memberikan intruksi kepada para pemainnya saat bertanding di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, 27 September 2022.
MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, nampak sedang memberikan intruksi kepada para pemainnya saat bertanding di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, 27 September 2022.

BOLANAS.COM - Timnas Indonesia dihantam berbagai cobaan menjelang Piala AFF 2022, target juara serasa berlebihan melihat kondisi sepak bola Tanah Air.

Publik Indonesia harus realistis melihat peluang tim Garuda di ajang Piala AFF 2022, turnamen yang belum pernah dimenangkan Merah Putih.

Timnas Indonesia pada edisi silam melampaui ekspektasi dengan melaju hingga final Piala AFF 2020, lagi-lagi dikandaskan Thailand di babak terakhir.

Kini, Shin Tae-yong menatap misi mustahil untuk membawa timnas Indonesia melaju jauh di Piala AFF 2022.

Baca Juga: Park Hang-seo Pasrah Tak Bisa Panggil Nguyen Quang Hai, Timnas Vietnam Dipenuhi Pemain Muda di Piala AFF

Jika melihat persiapan tim pesaing, negara-negara lain dapat menggulirkan kompetisi dengan lancar dan sangat profesional.

Iklim kompetisi yang sehat itu dapat menghasilkan pemain yang berkualitas, dengan modal dasar kondisi fisik dan ketajaman pemain terjaga.

Di Indonesia, hal tersebut tak terjadi karena Liga 1 2022/23 tak digelar dengan profesional hingga mengakibatkan musibah tragis.

Tragedi Kanjuruhan terjadi dalam laga Arema FC kontra Persebaya Surabaya, sehingga korban tewas mencapai 135 orang.

Baca Juga: Setelah Comot Pemain-Pelatih Johor Darul Takzim, Persis Solo Juga Akan Satroni Kandang JDT


Editor : Nungki Nugroho
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.