Didesak Mundur dari PSSI, Iwan Bule Tetap Fokus Persiapkan Timnas untuk Piala Dunia U-20 2023

Nungki Nugroho - Minggu, 16 Oktober 2022 | 20:22 WIB
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong (tengah), sedang berdiskusi dengan Mochamad Iriawan selaku Ketua Umum PSSI di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, 27 September 2022.
MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong (tengah), sedang berdiskusi dengan Mochamad Iriawan selaku Ketua Umum PSSI di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, 27 September 2022.

BOLANAS.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, tetap fokus menjalankan tugasnya dalam mengawal timnas Indonesia ke Piala Dunia U-20 2023 meski didesak mundur dari jabatan.

Tubuh PSSI tengah menjadi sorotan usai tragedi meninggalnya 132 korban di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022).

PSSI dinilai gagal memberi kenyamanan kepada suporter saat menyaksikan laga Arema FC kontra Persebaya Surabaya.

Mochamad Iriawan menjadi sosok utama yang didesak mundur dari jabatannya di federasi sepak bola nasional.

Baca Juga: TGIPF Desak Iwan Bule untuk Segera Mundur, Menpora: Pemerintah Tak Bisa Intervensi PSSI

Ketua Tim Gabungan Investigasi Pencari Fakta (TGIPF), Mahfud MD, merekomendasikan PSSI untuk bertanggung jawab moral atas meninggalnya suporter di Kanjuruhan.

"Tanggung jawab berdasarkan aturan itu tanggung jawab hukum. Tapi hukum sebagai norma seringkali tidak jelas, seringkali bisa dimanipulasi," kata Mahfud MD kepada awak media, Kamis (14/1/2022).

"Keselamatan rakyat itu adalah hukum yang lebih tinggi daripada hukum yang ada."

"Adapun tanggung jawab moral dipersilakan masing-masing melakukan langkah-langkah yang diperlukan sebagai bentuk pertanggungjawaban manusia Indonesia yang berkeadaban," jelasnya.

Baca Juga: Kabar Baik untuk Shin Tae-yong, Cahya Supriadi akan Susul Timnas U-20 Indonesia ke Eropa


Editor : Nungki Nugroho
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Verifikasi akun KG Media ID
nama
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.