Tiru Langkah Multi-klub Ala RB Leipzig, Persija Kirim Sudirman dan Rayhan Hannan ke 'Klub Saudara' di Australia

Najmul Ula - Sabtu, 8 Oktober 2022 | 15:41 WIB
Sudirman dan Rayhan Hannan akan menjalani
BolaNas.com
Sudirman dan Rayhan Hannan akan menjalani

BOLANAS.COM - Persija Jakarta memanfaatkan Brisbane Roar untuk mengirim pemain dan pelatih, dua klub itu dimiliki orang yang sama.

Persija Jakarta bisa dibilang melakukan apa yang selama ini dilakukan klub-klub besar Eropa seperti RB Leipzig dan Manchester City.

RB Leipzig dan Manchester City merupakan dua contoh sukses tim yang dibesarkan oleh pemilik dengan orientasi multi-klub.

RB Leipzig dimiliki oleh konsorsium Red Bull, sedangkan Manchester City menjadi klub utama dari jaringan City Football Group (CFG).

Baca Juga: Malaysia Bisa Tahu Kelemahan Indonesia, Gelandang Bertahan Jadi Penyebab Segala Masalah saat Hadapi Palestina

Di luar dua klub tersebut, masih terdapat beberapa contoh multi-klub, seperti Watford-Udinese atau Brighton-USG.

Adapun Persija Jakarta merupakan salah satu klub terbesar Indonesia yang terungkap dimiliki oleh Grup Bakrie.

Jika Grup Bakrie baru belakangan terungkap memiliki Perisja, mereka lebih dulu dikenal sebagai empunya klub Liga Australia, Brisbane Roar.

Namun baru pada musim ini Persija terlihat secara jelas memanfaatkan kepemilikan oleh orang yang sama itu.

Baca Juga: Prank Berhasil, Malaysia Sengaja Imbang Lawan Guam Agar Diremehkan UEA dan Harimau Menerkam di Saat yang Tepat


Editor : Nungki Nugroho
Sumber : Persija.id
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.