Ironi Wasit Liga 1 Menurut Pelatih PSM: Banyak Aksi 'Barbar' Didiamkan dan Justru Pelatih yang Dibungkam Pakai Kartu

Najmul Ula - Minggu, 21 Agustus 2022 | 16:00 WIB
Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares Fernando Jose (kiri), nampak memegangi kepala saat sesi jumpa pers di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, 15 Agustus 2022.
MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM
Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares Fernando Jose (kiri), nampak memegangi kepala saat sesi jumpa pers di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, 15 Agustus 2022.

BOLANAS.COM - Bernardo Tavares menyoroti wasit Liga 1 yang tak konsisten, pelanggaran keras dibiarkan tetapi pelatih diminta diam.

Bernardo Tavares untuk kesekian kali menyampaikan ketidakpuasan mengenai standar rendah wasit Indonesia di Liga 1 2022/23.

Bernardo Tavares sejatinya mampu membawa PSM Makassar mengangkasa di Liga 1 musim ini dengan tak terkalahkan dalam lima laga.

Namun, hasil empat menang dan satu imbang tetap membuat Bernardo Tavares gusar terkait kepemimpinan wasit nyaris di seluruh laga Liga 1.

Baca Juga: Shin Tae-yong Langsung Tancap Gas, 3 Laga Uji Coba Disiapkan untuk Timnas U-19 Indonesia

Wasit Liga 1 memang disorot negatif lantaran berbagai keputusan blunder yang berulang dan tanpa perbaikan.

Pada pekan kelima Liga 1 2022/23 kemarin, terdapat pula berbagai keputusan wasit yang akan dipertanyakan di level internasonal.

Sebagai contoh, tekel tinggi Kei Hirose terhadap Koko Ari Araya pada laga Borneo FC vs Persebaya Surabaya hanya diganjar kartu kuning oleh wasit Sance Lawita.

Pelatih Persebaya Aji Santoso mengutuk tekel tersebut dan menyatakan Kei Hirose "keterlaluan" telah membuat Koko Ari tak bisa berjalan.

Baca Juga: Ondrej Kudela Masuk Rumah Sakit, Arthur Bonai Cuma Dapat Kartu Kuning usai Insiden di Laga Persija Vs RANS Nusantara


Editor : Nungki Nugroho
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.