Bola Menyentuh Wasit Harusnya Dropball, Sance Lawita Justru Nyatakan Play On dan Langsung Berbuah Gol Persik

Najmul Ula - Senin, 13 Juni 2022 | 12:12 WIB
Momen wasit Sance Lawita tak menyetop permainan meski bola menyentuh dirinya pada laga Persikabo vs Persik (12/6/2022).
BolaNas.com
Momen wasit Sance Lawita tak menyetop permainan meski bola menyentuh dirinya pada laga Persikabo vs Persik (12/6/2022).

BOLANAS.COM - Sance Lawita dipertanyakan integritasnya oleh pelatih Persikabo, sang wasit memutuskan play on meski bola menyentuh dirinya dan langsung berbuah gol Persik.

Kualitas wasit di Piala Presiden 2022 kembali diragukan menyusul blunder oleh Sance Lawita pada laga Persikabo 1973 vs Persik Kediri.

Partai Persikabo 1973 kontra Persik Kediri berakhir dengan skor 0-1 berkat gol tunggal Joanderson, Minggu (12/6/2022).

Gol Joanderson itu pun dinilai tak sah, lantaran wasit Sance Lawita membuat blunder lantaran tak menghentikan pertandingan meski bola menyentuh dirinya.

Baca Juga: Wasit Pembantu Bukan Jadi Solusi Malah Jadi Problem, Handball Kentara Leonard Tupamahu Tak Diganjar Penalti

Insiden itu terjadi pada menit ke-48, saat pemain Persikabo Ryan Kurnia mencoba memberi umpan pada rekannya di sayap kiri.

Namun, bola itu mengenai kaki Sance Lawita sebelum sampai ke kaki winger Persikabo, sehingga bola berbelok ke arah pemain Persik Kediri.

Regulasi FIFA menyatakan permainan harus disetop apabila bola mengenai wasit dalam situasi apa pun, sehingga Sance Lawita seharusnya meniup peluit pada momen itu.

Mengingat bola sedang dikuasai Persikabo (dan jelas akan mengarah ke winger Persikabo di sayap kiri), Sance Lawita seharusnya memberikan drop ball kepada Laskar Padjadjaran.

Baca Juga: Iwan Bule Terus Lakukan Blunder, Kaesang Pangarep Nyatakan Bersedia Jadi Ketum PSSI Jika 'Ada yang Mau Pilih'


Editor : Nungki Nugroho
Sumber : Kompas.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Verifikasi akun KG Media ID
nama
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.