Saat Asnawi Kehilangan 'Takhta' Sebagai Bek Kanan Terbaik, Cuma Jadi Pengganti dan Bikin Masalah Ketika Masuk

Najmul Ula - Minggu, 12 Juni 2022 | 11:49 WIB
Bek sayap kanan timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, sedang menguasai bola di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat, Rabu (1/6/2022).
MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM
Bek sayap kanan timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, sedang menguasai bola di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat, Rabu (1/6/2022).

BOLANAS.COM - Asnawi Mangkualam tidak berada dalam performa top di Kualifikasi Piala Asia, cuma jadi cadangan akibat cedera dan tak memberi dampak ketika dimasukkan.

Asnawi Mangkualam tampak kehilangan performa sebagai bek kanan terbaik tim nasional Indonesia justru pada saat ajang penting Kualifikasi Piala Asia 2023.

Shin Tae-yong sejatinya selalu menganggap Asnawi Mangkualam sebagai bek kanan utama timnas Indonesia, tetapi harus mendemosinya dalam dua laga di Kuwait.

Asnawi Mangkualam mengalami cedera pada laga pemanasan menghadapi Bangladesh, sehingga tak cukup fit untuk menjadi starter di ajang sebenarnya.

Baca Juga: Piala Asia U-23 2022 - Vietnam Ditunggu Australia di Babak Semifinal

Dalam dua laga di Kualifikasi Piala Asia 2023, Shin Tae-yong memilih menurunkan Rachmat Irianto sebagai bek kanan, dan mencadangkan Asnawi.

Rachmat Irianto membayar kepercayaan itu dengan satu assist dan satu gol dalam kemenangan mengejutkan atas Kuwait (8/6/2022).

Saat menghadapi Yordania, Shin Tae-yong tetap menurunkan Irianto yang sedang gacor meskipun kebugaran Asnawi semakin baik.

Asnawi baru dimasukkan pada menit ke-62, saat Indonesia butuh lebih menyerang guna mengejar ketertinggalan 0-1.

Baca Juga: Klasemen Kualifikasi Piala Asia 2023 - Timnas Indonesia dan Malaysia Senasib, 3 Tim ASEAN Dipastikan Gugur


Editor : Najmul Ula
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Verifikasi akun KG Media ID
nama
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.