Cerita Asnawi Mangkualam Dapat Julukan Turunan dari Hamka Hamzah

Mukhammad Najmul Ula - Selasa, 12 Mei 2020 | 15:40 WIB
Bek PSM Makassar, Asnawi Mangkualam, sedang menguasai bola saat menghadapi Persita Tanggerang di Stadion Sport Centre, Tangerang (6/3/2020)
MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM
Bek PSM Makassar, Asnawi Mangkualam, sedang menguasai bola saat menghadapi Persita Tanggerang di Stadion Sport Centre, Tangerang (6/3/2020)

BOLANAS.COM - Asnawi Mangkualam Bahar membagikan kisahnya mendapat julukan yang sempat disematkan pada Hamka Hamzah dari suporter PSM Makassar.

Pemain multifungsi PSM Makassar, Asnawi Mangkualam Bahar, barangkali merupakan talenta muda paling berpengalaman yang beredar di Liga 1 saat ini.

Bagaimana tidak, ia sudah menjalani debut bagi PSM Makassar di pekan perdana Liga 1 2017 dalam usia 16 tahun.

Kini baru berusia 20 tahun, Asnawi sudah mencatat 59 penampilan di seluruh kompetisi bersama PSM Makassar.

Baca Juga: AFC Kenang Shin Tae-Yong Pernah Bantai Klub Indonesia di Liga Champions Asia

Jumlah tersebut sangat mungkin melebihi angka itu bila Asnawi tak "terganggu" oleh kewajiban membela tim nasional Indonesia U-19 dan U-23.

Awalnya muncul sebagai gelandang bertahan, Asnawi kini lebih dikenal sebagai seorang bek kanan.

Berkat konsistensi menghalau serangan lawan dan kecakapan menyisir sayap kanan, Asnawi bahkan sudah mendapat julukan "Benteng Rotterdam".

Baca Juga: Kepada Media Asing, Pelatih PSM Makassar Ragukan Penanganan COVID-19 di Indonesia

Benteng Rotterdam sendiri merupakan benteng peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo pada abad ke-16 yang sempat dimanfaatkan oleh pemerintah kolonial Belanda.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.