Wejangan Pelatih Persebaya Surabaya kepada Para Penjaga Gawang

Mukhammad Najmul Ula - Minggu, 5 April 2020 | 18:33 WIB
Pelatih Kiper Persebaya Surabaya, Benny van Breukelen, dan kiper Persebaya Surabaya, Angga Saputra, saat latihan di Lapangan Jenggolo Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (28/1/2020).
TRIBUNJATIM.COM/NDARU WIJAYANTO
Pelatih Kiper Persebaya Surabaya, Benny van Breukelen, dan kiper Persebaya Surabaya, Angga Saputra, saat latihan di Lapangan Jenggolo Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (28/1/2020).

BOLANAS.COM - Pelatih kiper Persebaya Surabaya, Benny van Breukelen, mempunyai wejangan kepada para kiper agar menjadi tangguh.

Pelatih kiper Persebaya Surabaya, Benny van Breukelen, merupakan salah satu penjaga gawang tangguh yang pernah dimiliki Indonesia.

Selepas gantung sarung tangan, Benny van Breukelen malang-melintang menjadi pelatih kiper di sederet klub papan atas tanah air.

Sebagai sosok yang sudah makan asam garam di bawah mistar gawang, Benny van Breukelen paham betul beban berat menjadi orang terakhir di lini pertahanan.

Ia menyatakan, sejak dididik pertama kali saja, kiper sudah mendapat perlakuan berbeda.

Jika pemain lain berlatih normal mengolah bola, seorang kiper justru bersiap-siap untuk dihajar bola-bola keras dari pemain lain.

Benny pun mengakui bahwa posisi kiper bukanlah sesuatu yang mudah untuk dinikmati.

Baca Juga: Bisnis Geprek Gian Zola Terpaksa Tutup karena Pandemi Covid-19

"Tujuan utama pertandingan sepak bola kan mencetak gol, nah di situ lah seorang kiper diharapkan menghalau semua bola yang masuk ke gawang. Jadi kiper itu sebenarnya tidak enak," ucap Benny, seperti dilansir Bolanas dari Kompas.


Editor : Nungki Nugroho
Sumber : Kompas.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Verifikasi akun KG Media ID
nama
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.